Editing Data MS Word


Dalam proses penyusunan dokumen, tentu kita sering melakukan kesalahan dalam mengetikkan huruf, kata atau kalimat. Dalam keperluan penulisan karya ilmiah, kesalahan-kesalahan ketik tersebut harus diminimalisir sebisa mungkin. Oleh karena itu, dalam proses editing harus dilakukan koreksi.
Koreksi kesalahan dapat dilakukan ketikasedang membuat dokumen, atau setelah dokumen tersebut selesai disusun. Namun, alangkah baiknya koreksi dilakukan seketika itu juga. Maksudnya adalah ketika jari kita merasa tut keyboard yang ditekan salah, maka seketika itu juga kita lakukan koreksi.
  • Menghapus Huruf
Menghapus teks dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan tombol keyboard Backspace atau Delete.
Backspace berfungsi untuk menghapus dari arah belakang teks. Caranya yaitu dengan meletakkan blink cursor (kursor yang berkedip) di belakang huruf yang hendak dihapus, lalu tekan Backspace. Perhatikan contoh di bawah ini:

dihapus|
(Letak blink cursor ada di belakang teks yang akan dihapus dengan Backspace)

Sedangkan Delete berfungsi untuk menghapus dari arah depan teks. Caranya yaitu dengan meletakkan blink cursor di depan huruf yang hendak dihapus, lalu tekan Delete.

|dihapus
(Letak blink cursor ada di depan teks yang akan dihapus dengan Delete)
 
  • Menghapus Kata
Cara menghapus kata sama dengan cara menghapus huruf, yaitu dengan Backspace atau Delete. Namun, jika yang akan dihapus terdiri dari beberapa kata, maka dapat dilakukan dengan menggunakan Shift + panahÙ atau panahÚ (berfungsi untuk menyeleksi teks yang hendak dihapus).Caranya adalah letakkan kursor di depan kata-kata yang hendak dihapus, lalu tekan Shift + panahÙ atau panahÚ, kemudian tekan Delete atau Backspace.
Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Delete atau Ctrl+Backspace. Kombinasi tombol ini sangat efisien untuk menghapus kata per kata dengan cepat.
 
  • Menghapus Satu Paragraf
Hampir sama dengan cara sebelumnya, caranya letakkan blink cursor di awal paragraf, lalu tekan Shift + panahÜ (berfungsi untuk menyeleksi paragraf yang hendak dihapus), lalu tekan Backspace atau Delete.

  • Kombinasi Tombol untuk Perpindahan Blink Cursor dengan Cepat
Untuk mempercepat perpindahan blink cursor, Anda dapat menggunakan kombinasi tombolCtrl+panahÙatau panah Ú. Kombinasi tombol ini mempermudah untuk berpindah dari satu kata ke kata yang lain.Sedangkan Ctrl+panah Ûatau panah Ü, maka blink cursor akan berpindah dengan melompat satu paragraf.
Demikian pula untuk memindah blink cursor ke akhir atau awal kalimat dalam satu baris, Anda dapat menggunakan tombol Home atau End. Dan jika Anda gunakan kombinasi tombol Ctrl+Home, maka blink cursor akan berpindah ke awal kata pada halaman pertama dari dokumen yang sedang Anda buat. Dan sebaliknya, jika Anda menggunakan kombinasi tombol Ctrl+End, maka blink cursor akan berpindah ke akhir kata halaman terakhir.
  • Mencari Teks dengan Menggunakan Fungsi Find and Replace

Untuk mencari kata atau frasa tertentu dengan cepat, Anda dapat menggunakan fungsi Find and Replace. Caranya dengan menekan tombol Ctrl+F, kemudian pada kolom Find what ketikkan kata yang hendak dicari, lalu tekan tombol Find Next.
  • Mengubah Teks dengan Menggunakan Fungsi Find and Replace

Tekan Ctrl+H, kemudian pada kolom Find what ketikkan kata yang hendak diganti, dan pada kolom Replace with ketikkan kata yang akan mengganti kata pada kolom Find what, kemudian tekan Replace.