Menggunakan Font dan Style

Salah satu tool yang disediakan oleh MS Word 2007 adalah Style. Style berfungsi untuk mengatur gaya teks, baik teks judul, sub judul, pointer, maupun teks paragraf.
Di samping itu, Style juga sangat membantu dalam membuat daftar isi otomatis (Table of Contents.Mengenai hal ini, baca pembahasan Cara Membuat Daftar Isi Otomatis).
Namun, sebelum membahas cara menggunakan Style, terlebih dahulu perlu dipahami tentang jenis font yang biasa digunakan dalam karya ilmiah, dan cara mengubahnya dalam MS Word. 

Jenis Font
Dalam ilmu Desain Komunikasi Visual (DKV), dikenal beberapa jenis font. Namun, dalam penulisan karya ilmiah, ada dua jenis font yang sering digunakan, yaitu Serif (font yang memiliki kaki) dan Sans Serif (font tanpa kaki).
Contoh jenis font Serif adalah Times New Roman, Bookman Old Style, Cambria, dan lain sebagainya.
Contoh jenis font Serif adalah Arial, Calibri, Impact, Tahoma, dan lain sebagainya.
Dua jenis font ini sering digunakan dalam penulisan karya ilmiah agar pembaca dapat lebih mudah untuk menang-kap dan memahami isi dari karya ilmiah tersebut.

Merubah Font
Untuk mengubah font, baik ukuran, warna maupun gaya tampilan font, dapat dilakukan dengan cara klik menu Home, pada grup menu Font, atur sesuai dengan kebutuhan.

Menggunakan Style
Pada menu Home, terdapat grup menu Styles. Dalam grup menu ini terdapat beberapa Style (gaya) teks. Untuk menggunakannya, klik salah satu Style dari beberapa pilihan yang disediakan.

Cara Merubah Style
Masing-masing style tersebut masih dapat Anda kustom sesuai dengan kebutuhan Anda. Caranya, sorot salah satu Style yang ada pada grup menu Style, lalu klik kanan, kemudian pilih Modify. Setelah itu, muncul kotak dialog Modify Style.
(tampilan kotak dialog Modify Style)

Langkah selanjutnya, ubah Font, ukurannya, tebal-miringnya, dan lain sebagainya. Anda juga dapat mengubah jarak spasi paragrafnya. (Tentang pengaturan paragraf, bisa dilihat pada pembahasan Indentasi, Tab Stop dan Paragraf, Bullet & Numbering).
Agar hasil modifikasi Anda tersimpan, setelah selesai memodifikasi Style, selanjutnya klik OK.