Membuat Daftar Isi Otomatis

Sering kita jumpai beberapa mahasiswa yang kesulitan dalam membuat daftar isi untuk makalah, skripsi atau karya ilmiah lainnya. Sehingga daftar isi tersebut dibuat dengan cara manual dengan hasil yang kurang rapi.(Perhatikan contoh daftar isi di bawah ini!)



Daftar Isi
Bab I Pendahuluan………………………………………. 1
Bab II Kajian Pustaka…………………………..………. 15
Bab III Metode Penelitian……………………...……….. 40
Bab IV Pembahasan……………..………………..………67
Bab V Penutup……………………………………...…… 94


Untuk membuat daftar isi, Anda dapat melakukannya dengan dua cara; yaitu dengan cara manual yang menggunakan fungsi pengaturan Paragraph, atau dengan memanfaatkan tool Table of Contents yang memanfaatkan Style.

Cara Membuat Daftar Isi Manual
  1. Tekan Alt+O+P untuk menampilkan kotak dialog Paragraph.
  2. Pada kotak dialog Paragraph, klik tab Indents and Spacing, lalu klik tombol Tabs… yang terletak di sebelah pojok kiri bawah.
  3. Pada kotak dialog Tabs yang tampil, isi Tab stop position misalnya dengan 15 cm, pilihAlignment Left, dan pilih Leader opsi 2…..Kemudian tekan tombol Set, lalu OK.
    (perhatikan gambar berikut ini)


    (kotak dialog Pargraph, dan berbagai pengaturan yang ada pada tab Indents and Spacing)


    (kotak dialog Tabs)
  4. Selanjutnya Anda tinggal mengetikkan teks yang Anda kehendaki, kemudian di akhir teks tekan keyboard Tab.Hasilnya sebagaimana berikut:


Daftar Isi
Bab I Pendahuluan........................................................ 1
Bab II Kajian Pustaka................................................... 15
Bab III Metode Penelitian............................................ 40
Bab IV Pembahasan...................................................... 67
Bab V Penutup.............................................................. 94




Cara Membuat Daftar Isi Otomatis
Sebelum membuat Anda dapat membuat daftar isi otomatis, Anda harus memahami terlebih dahulu cara menggunakan Style (baca kembali pembahasan Font dan Style!).
Langkah pertama sebelum membuat daftar isi otomatis adalah Anda tentukan masing-masing Style untuk judul dan sub judul (dan beberapa pembahasan lainnya yang dianggap perlu untuk dijadikan pointer dari sebuah karya ilmiah).
Berikut ini adalah contoh untuk membuat daftar isi otomatis:
  1. Ketik judul untuk tiap-tiap pembahasan. Misalnya sebagai berikut:


    Daftar Isi (judul)
    Teori Pemerolehan Bahasa (judul)
    Hipotesa Nurani (sub judul)
    Hipotesa Tabularasa (sub judul)
    Hipotesa Kesemestaan Kognitif (sub judul)
    Perubahan Bahasa (judul)
    Aspek Perubahan dalam Bahasa (sub judul)
    Penyebab Perubahan Bahasa (sub judul)
    Dampak Perubahan Bahasa (sub judul)
    Bahasa Lisan dan Bahasa Tulis (judul)
    Karakteristik Bahasa Lisan (sub judul)
    Karakteristik Bahasa Tulis (sub judul)
    Daftar Rujukan (judul)


    Untuk judul gunakan Style Heading 1, dan untuk sub judul gunakan Style Heading 2.
  2. Untuk mengaktualkan Style pada teks judul, letakkan kursor pada teks judul yang akan diberi Style, lalu klik Style Heading 1. Demikian juga dengan teks sub judul, klik teks sub judul, lalu klik Style Heading 2.
  3. Untuk tiap-tiap judul, letakkan di halaman yang berbeda, misalnya sebagai berikut: Daftar Isi di halaman1, Teori Pemerolehan Bahasa di halaman 2, Perubahan Bahasa di halaman 3, Bahasa Lisan dan Bahasa Tulis di halaman 4, Daftar Rujukan di halaman 5
  4. Pada halaman 1, letakkan kursor di bawah teks judul Daftar Isi.
  5. Klik menu References>Table of Contents, lalu pilih InsertTable of Contents.
  6. Pada kotak dialog Table of Contents, klik Options. Kemudian atur TOC level-nya, Heading 1 dengan urutan 1, Heading 2 dengan urutan 2, dan hapus angka 3 pada Heading 3,lalu klik OK


    (gambar kotak dialog Table of Contents)


    (proses edit Options Table of Contents)

    Keterangan: TOC level berfungsi untuk mengatur jarak indent untuk masing-masing judul dan sub judul, judul utama diberi angka 1, sub judul diisi dengan angka 2, dan seterusnya.
  7. Hasilnya seperti gambar berikut ini:

Beberapa Kelebihan Daftar Isi Otomatis (Table of Contents)
  1. Jika teks salah satu atau beberapa judul berubah, maka dapat Table of Contents dapat dirubah secara otomatis sesuai dengan judul yang dirubah teksnya.
  2. Jika letak salah satu atau beberapa judul berpindah, maka Table of Contents dapat di-update dan secara otomatis berubah sesuai dengan letak halaman judul tersebut.
    Untuk meng-updateTable of Contents, klik kanan pada Table of Contents yang telah jadi, pilih Update Field, lalu pada kotak dialog Update Table of Contents, pilih Update entire table, dan klik OK.



    (cara update Table of Contents)
  3. Teks Table of Contents yang telah jadi, juga bisa berfungsi sebagai link internal. Oleh karena itu, jika tombol keyboardCtrl ditekan dan tombol kiri mouse diklik pada salah satu teks yang ada pada Table of Contents, maka secara otomatis kursor akan melompat ke halaman tempat teks judul tersebut berada.