Membuat Grafik dan Menulis Rumus Statistik

Dalam pembahasan ini sedikit akan dibahas tentang cara membuat grafik (Insert Chart, dan Editing Chart) dan cara menggunakan fungsi statistik yang sangat berguna nantinya dalam penulisan karya ilmiah yang ada hubungannya dengan rumus-rumus statistik.

Membuat Grafik
  • Memasukkan Grafik
Untuk membuat grafik, klik menu Insert>Chart. Setelah itu muncul kotak dialog Insert Chart yang menampilkan berbagai bentuk grafik yang disediakan dalam MS Word 2007 seperti Column (kolom), Line (garis), Pie (bulat), Bar (batang), dan lain sebagainya.
 
(gambar kotak dialog Insert Chart)

Selanjutnya, klik salah satu dari bentuk grafik, maka secara otomatis Anda akan dibawa ke halaman MS Excel 2007 yang menampilkan data grafik yang dapat Anda edit sesuai dengan kebutuhan.

 
(contoh grafik dan table edit-nya pada MS Excel 2007)

  • Mengedit Grafik
Untuk mengedit atau mengubah data grafik, klik grafik yang telah Anda buat, lalu klik kanan, kemudian pilih Edit Data.
 
(cara mengedit data grafik)


Menulis Rumus Statistik
Untuk menggunakan fungsi statistik, aktifkan menu Insert, lalu sorotkan kursor mouse pada grup tool Symbols. Dalam grup tool Symbols terdapat dua jenis tool, Equation dan Symbol.
Untuk menuliskan rumus-rumus statistik, klik tool Equation. Selanjutnya, muncul kotak kontekstual menu berupa Equation Tools yang berisi beberapa bentuk cara penulisan rumus statistik.

 
(ruang edit tempat menuliskan fungsi-fungsi statistik Equation)

 
 (gambar menu kontekstual, Equation Tools)

 
 (contoh penulisan fungsi statistik)