Berbagi Pengalaman Memodifikasi Template Opac SLiMS

Sejak pertengahan bulan Desember 2017 yang lalu, saya dialihtugaskan untuk menjabat kepala UPT Perpustakaan Universitas Yudharta Pasuruan (UYP). Sejak saat itu pula saya mulai menjajaki sistem pengolahan katalog yang digunakan di Perpustakaan UYP yang kebetulan saat itu telah menggunakan SLiMS versi 3 stable 14 atau SLiMS Seulanga yang hanya bisa diakses melalui jaringan lokal alias belum online.
Berawal dari rasa penasaran dengan SLiMS tersebut, saya mencoba memberanikan diri untuk meng-upgrade versi 3 stable 14 ke versi terbaru yang saat itu sudah mencapai versi 8.1. Berbekal wawasan tentang CSS, dan JS yang sangat minim dan gagap, selama dua minggu saya bergelut dengan kode-kode pemrograman tersebut. Dan alhamdulillah, saat ini perpustakaan UYP telah bisa diakses secara luas dan berbasis SLiMS Akasia versi 8.1.
Setelah dua minggu itu, ternyata tampilan (template) Opac Default SLiMS menurut saya perlu dilakukan beberapa penyesuaian. Terutama pada bagian menu yang menurut saya harus dirubah agar lebih cepat dan efisien untuk dijangkau oleh pengguna. Menu utama pada Template Default Opac Akasia 8 semula berupa tombol yang harus diklik terlebih dahulu untuk bisa menampilkan isi menu utama. Bagi saya, tampilan menu seperti itu kurang efisien terutama untuk tampilan versi desktop. Tapi untuk versi mobile memang sudah sangat sesuai.
Berawal dari sinilah, saya mencoba untuk ngoprek (memodifikasi) template bawaan SLiMS Akasia agar sesuai dengan kebutuhan dan lebih mudah dalam penggunaannya. Untuk saat ini, template Opac SLiMS 8 hasil modifikasi saya sudah dipasang di Katalog Perpustakaan UYP yang saya beri nama LIB_UYP.
Setelah selesai dengan sistem utama pelayanan pengolahan katalog buku UPT Perpustakaan UYP, saya lalu mencoba melakukan pengembangan pada sistem katalog skripsi dan jurnal yang saat itu masih menggunakan Ganesha Digital Library (GDL) versi 4. Setelah browsing dan searching tentang apa itu GDL, saya temukan bahwa sistem tersebut sudah tidak dilanjutkan lagi pengembangannya dan berhenti di versi 4 tersebut. Dari sini, saya mulai berpikir untuk membuat sistem katalog skripsi dan jurnal dengan menggunakan SLiMS Akasia.
Upaya ini saya lanjutkan dengan melakukan beberapa modifikasi pada tampilan Opac sehingga menghasilkan dua buah template Opac SLiMS Akasia yang saya beri nama Ebook_UYP dan Ethesis_UYP, satu template untuk katalog ebook yang kebetulan berlimpah ruah jumlahnya di UPT Perpustakaan UYP, dan yang kedua adalah template untuk katalog tugas akhir (baik skripsi, laporan PPL, PKL, maupun KKN) dan jurnal penelitian.
Setelah template Opac jadi dan SLiMS Akasia sudah dimodifikasi dan siap diupload ke server hosting, tiba-tiba saya menemukan bahwa SLiMS Akasia tidak dapat membatasi pengguna untuk mengakses link download yang hanya ditujukan pada anggota. Artinya, ketika admin atau pengelola sistem SLiMS Akasia mengupload berkas lampiran (file attachment) atau link tertentu pada detail bibliografi, file atau link tersebut memiliki dua buah opsi, yaitu opsi ditampilkan secara publik atau privasi (tidak bisa diakses oleh publik atau pengguna terdaftar), dan fungsi pembatasan akses pengguna tidak berfungsi, sehingga link atau file tersebut masih bisa diakses oleh siapapun.
Gara-gara temuan itu, saya langsung beralih untuk mencoba SLiMS versi 7 (Cendana) yang ternyata memiliki fungsi pembatasan pengguna tersebut. Kenapa sistem perpustakaan untuk skripsi dan jurnal membutuhkan pembatasan akses bagi pengguna? Karena menurut saya, akses skripsi itu harus dibatasi hanya pada anggota atau komunitas tertentu. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk menggunakan SLiMS Cendana sebagai sistem pengolahan katalog skripsi, laporan PPL/PKN/KKN dan jurnal penelitian di UPT Perpustakaan UYP.
Dan saat ini, sudah ada tiga sistem katalog yang digunakan di UPT Perpustakan UYP, satu untuk katalog buku yang bisa diakses melalui perpustakaan.yudharta.ac.id/katalog, yang kedua untuk katalog tugas akhir dan jurnal yang bisa diakses melalui perpustakaan.yudharta.ac.id/etj, dan yang ketiga untuk buku-buku digital/ebook yang bisa diakses melalui perpustakaan.yudharta.ac.id/ebook.
Pada tulisan selanjutnya, saya akan berbagi template Opac SLiMS Cendana yang sudah saya modifikasi sesuai kebutuhan UPT Perpustakaan UYP.