Paragraph, Bullet & Numbering

Pengaturan Indent dan Bullets & Numbering dapat Anda temui pada menu Home>Paragraph.

Indent& Paragraph Setting
(tampilan kotak dialog Paragraph)
Untuk mengatur paragraf, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol keyboard Alt+O+P atau dengan cara klik dua kali pada panah kecil sebelah kiri atau kanan yang terdapat pada Horizontal Ruler.
(klik pada panah kecil yang terdapat pada Horizontal Ruler)

Catatan: Jika Ruler tidak tampil pada lembar kerja Anda, maka untuk menampilkannya, klik menu View, lalu aktifkan tanda centang Ruler.Selanjutnya, akan muncul kotak dialog Paragraph.

Dalam kotak dialog Paragraph terdapat dua buah tab, yang pertama Indents and Spacing dan yang kedua Line and Page Breaks.
Dalam tab Indents and Spacing, terdapat beberapa pengaturan sebagai berikut:
1.    General: berfungsi untuk mengatur tata letak paragraf seperti rata tengah, rata kiri, rata kanan, dan rata kanan-kiri.
2.    Indentation: berfungsi untuk mengatur tata letak awal maupun akhir paragraf.
3.    Spacing: berfungsi untuk mengatur jarak spasi paragraf, dan jarak antara paragraf yang satu dengan yang lain.
4.    Tabs: berfungsi untuk mengatur tempat berhenti kursor ketika tombol Tab keyboard ditekan. Untuk pembahasan lebih detil tentang Tabs ini, baca pembahasan Table of Contents.

Bullet &Numbering
Bullet & Numbering adalah sebuah fungsi yang terdapat pada MS Word yang berfungsi untuk membuat daftar dari pointer tertentu. Perbedaan dari keduanya adalah Bulletberfungsi untuk membuat daftar pointer yang tidak urut (unordered list). Sedangkan Numbering berfungsi untuk membuat daftar pointer yang urut (ordered list).

Cara Membuat List Bullet
Untuk menggunakan Bullet, dapat dilakukan dengan dua cara:
  1. Klik  yang terdapat pada menu Homegrup menu Paragraph.
  2. Ketikkan tanda penghubung (−), lalu tekan spasi, maka secara otomatis Bullet akan terbentuk dengan bentuk Bullet berupa tanda penghubung (−).
Contoh penggunaan Bullet:

Cara Membuat ListNumbering
Hampir sama dengan cara menggunakan Bullet, ada 2 cara untuk membuat daftar pointer Numbering. Cara pertama, klik yang terdapat pada menu Homegrup menu Paragraph. Cara kedua, ketikkan angka 1 dan titik ( . ), lalu tekan spasi, maka secara otomatis Numbering akan terbentuk dengan format Numbering angka yang dimulai dengan angka 1.
Catatan:
Untuk membuat numbering huruf, Anda dapat menggunakan cara kedua, akan tetapi angka 1 diubah sesuai dengan jenis numbering yang Anda pakai.
Contoh penggunaan Numbering: