Menampilkan Angka Arab di Microsoft Word

Saat mengetik teks Arab di MS Word, terkadang teks angka Arab tidak tampil sebagaimana mestinya (sebagaimana gambar di atas). Hal ini disebabkan karena setting penomoran (numeral) pada MS Word pada setting default-nya.

Pada tutorial kali ini, MS Word yang saya gunakan adalah MS Word 2007.

Langkah-langkah Merubah Setting Numeral di MS Word 2007
  1. Klik Office Button yang ada di pojok kiri atas MS Word 2007
  2. Klik Word Options

    Catatan: untuk MS Word 2010 ke atas, menu ini ada pada menu File>Options.
  3. Setelah kotak dialog Word Options tampil, klik Advanced
  4. Selanjutnya, cari Show document content, lalu rubah tipe numeral yang semula Arabic menjadi Context, kemudian klik OK

Sekarang, MS Word Anda sudah dapat menampilkan angka arab.

Catatan:
Tipe numeral Arabic pada Microsof Word menampilkan angka latin yang umum sudah kita ketahui (1,2,3,...). Sedangkan tipe numeral Hindi akan menampilkan angka yang kita kenal sebagai angka Arab. Karena memang sebenarnya angka yang digunakan dalam bahasa Arab adalah angka Hindi. Dan sebaliknya, angka 1,2,3,... lebih kita kenal sebagai angka Latin.
Sedangkan penggunaan tipe numeral Context pada tutorial ini bertujuan agar angka yang muncul akan menyesuaikan dengan bahasa yang digunakan. Jika bahasa yang digunakan dalam pengetikan menggunakan bahasa Arab, maka yang muncul adalah angka tipe Hindi. Dan sebaliknya, jika yang digunakan adalah selain bahasa Arab, maka yang muncul adalah angka Arabic.