Membuat Diagram, Cover & Print Document

Sebagaimana membuat grafik dan fungsi statistik, dalam pembahasan ini juga akan banyak dibahas tentang penggunaan menu Insert dan sub-sub menu yang terdapat di dalamnya, ter-utama Shape dan SmartArt.

Membuat Diagram

Membuat sebuah diagram dapat dilakukan dengan meng-gunakan sub menu SmartArt yang terdapat dalam menu Insert. Dalam SmartArt disediakan beberapa pilihan bentuk diagram seperti List (diagram daftar), Process (diagram proses), Cycle (diagram lingkaran), Hierarchy (diagram tingkatan), Relationship (diagram hubungan), Matrix (diagram matriks), dan Pyramid (diagram piramida).
Namun, jika Anda merasa perlu untuk menggambar bentuk diagram sesuai dengan apa yang Anda inginkan, maka Anda dapat membuatnya sendiri dengan cara memanfaatkan tool Shape yang terdapat dalam menu Insert. Dalam sub tool Shape disediakan berbagai macam bentuk objek yang dapat digunakan untuk membuat diagram.
(menu Tool Shapes dan SmartArt yang terdapat dalam grup tool Illustrations)

(pilihan bentuk diagram yang disediakan dalam tool SmartArt)

Membuat Halaman Sampul

  1. Ketik judul sampul yang Anda buat, termasuk nama penyusun, instansi, serta tahun dan bulan penyusunan.
  2. Klik menu Insert>Shape, lalu tentukan jenis Shape yang akan Anda gunakan untuk border dari sampul Anda.
    (tampilan isi dari tool Shape)
  3. Tambahkan logo pada halaman sampul Anda dengan cara Insert>Picture, kemudian cari lokasi gambar logo pada komputer Anda, lalu klik Insert.
Teks yang ada dalam sampul dapat juga dapat dibuat dengan menggunakan teks WordArt. Caranya, klik menu Insert>WordArt yang terdapat pada grup Text tools. Namun, dalam karya ilmiah teks yang lumrah digunakan adalah teks biasa.

Mencetak Dokumen

Untuk mencetak dokumen, Anda dapat melakukannya dengan klik Office Button>Print atau dengan menekan keyboard Ctrl+P.
(gambar kotak dialog Print)
  • Page Range berfungsi untuk menentukan halaman mana yang akan dicetak.
  • All berfungsi untuk mencetak seluruh halaman.
  • Current Page berfungsi untuk mencetak satu halaman saja, tergantung letak kursor berada di halaman mana.
  • Pages berfungsi untuk mencetak halaman tertentu, tergantung dengan angka dari halaman yang dicetak. Misalnya halaman yang akan dicetak halaman 10, 15, dan 23, maka pada Pages, tuliskan angka 10, 15, 23 (tulis lengkap dengan koma).
  • Copies berfungsi untuk mengatur berapa jumlah copy per-halaman yang hendak dicetak.
  • Collate berfungsi untuk mengatur urutan cetak, dari halaman awal atau halaman akhir. Jika tanda centang aktif (√), maka proses cetak dimulai dari halaman awal.
  • Zoom berfungsi untuk mencetak berdasarkan skala dan juga untuk mengatur 1 lembar kertas dapat menampung 1 sampai 18 halaman sekaligus.