Mengenal MS Word 2007

Menjalankan MS Word 2007
Untuk menjalankan MS Word 2007, klik Start Menu>All Programs>Microsoft Office>Microsoft Office Word 2007.

Area Kerja MS Word 2007
Di bawah ini adalah gambar interface (tampilan) area kerja MS Word 2007.

(Interface MS Word 2007)

Keterangan:
  1. Office Button
  2. Quick Access
  3. Document Title
  4. Window Button
  5. Menu
  6. Scroll Bar
  7. Status Bar
  8. Vertical Ruller
  9. Horizontal Ruller
  10. Toolbar

  • Office Button

    Office Button adalah tombol menu utama dari MS Word 2007 yang menyediakan fungsi-fungsi dasar MS Word seperti membuat dokumen baru, mencetak, menyimpan, mempublikasikan, dan lain sebagainya.
  • Quick Access Toolbar

    Berisi tool yang sering digunakan seperti Save dan Undo. Isi tool dalam Quick Access dapat dikustom (diatur sendiri) sesuai dengan selera. Caranya dengan menekan tombol panah kecil yang terdapat di sebelah kanan dari Quick Access Bar.
  • Document Title
    Document Title berfungsi untuk menampilkan nama file atau dokumen yang sedang aktif. Document Title terletak pada bagian atas dari window program MS Word.
  • Window Button

    Terdiri dari 3 buah tombol, tombol (0) berfungsi untuk minimize, tombol (1/2) berfungsi untuk restore dan maximize, dan tombol (r) berfungsi untuk menutup program MS Word 2007.
  • Menu

    Menu dalam MS Word 2007 berupa tab-tab yang di dalam masing-masing tab tersebut terdapat tool-tool yang berfungsi untuk memudahkan dalam pengoperasian program.
    Home berisi tool-tool (alat) dasar yang paling sering digunakan dalam proses pengetikan dan editing teks dalam MS Word
    Insert berisi tool-tool yang digunakan untuk memasuk-kan objek pada lembar kerja MS Word
    Page Layout berisi tool-tool yang digunakan untuk mengatur lembar kerja, warna halaman, inden teks, jarak spasi, warna tema, dan sebagainya
    References berisi tool-tool yang berfungsi dalam penulisan kutipan (rujukan), daftar isi, daftar pustaka, dan indeks buku
    Mailings berisi tool-tool yang digunakan untuk surat-menyurat
    Review berisi tool-tool yang digunakan untuk review dokumen seperti cek ejaan, menyisipkan komentar, dan sebagainya
    View berisi tool-tool berfungsi untuk mengubah tampilan lembar kerja, seperti tampilan cetak, tampilan baca, tampilan web, tampilan web, tampilan draf, dan sebagainya
    Add-Ins berisi tool-tool atau program tambahan yang diinstal yang fungsinya diintegrasikan dengan MS Word, seperti Qur’an in Word
  • Toolbar
    Toolbar adalah deretan tool (alat) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dalam pengoperasian program. Sebagai contoh ketika kita mengaktifkan menu Page Layout, maka akan tampil toolbar berikut:

    (Tampilan menu Page Layout)
  • Horizontal &VerticalRuler
    Sesuai dengan namanya, alat ini berfungsi sebagai peng-garis untuk mengetahui ukuran lembar kerja, posisi indent, tab, dan lain sebagainya.
  • Scroller Bar
    Sesuai dengan namanya, Scoller Bar berfungsi untuk menggulung lembar kerja. Scroller Bar terbagi menjadi dua; Horizontal Scroller Bar, dan Vertical Scroller Bar.
  • Status Bar
    Status Bar adalah tool yang menampilkan informasi sebuah dokumen yang sedang aktif. Status Bar terletak di bagian bawah dari jendela program MS Word. Dalam Status Bar terdapat beberapa tool yang secara default terdiri tampilannya seperti di bawah ini:

    Status Bar dapat dikustom (diatur sesuai selera) dengan cara klik kanan pada Status Bar, lalu aktifkan tanda centang pada pilihan menu yang tampil.
Menutup Dokumen dan Menutup Program MS Word 2007
Untuk menutup dokumen yang sedang aktif, klik Button Office>Close(Ctrl+W).
Dan untuk menutup program MS Word 2007, klik Button Office>Exit Word(Alt+F4), atau Anda langsung klik tombol x pada Window Button.